Belitung Bakal Gunakan Depo Si Cantik Untuk Kelola Sampah Plastik

by Siti Rofiqoh/IKP14 Januari 2020
Image

BADAU,– Pemerintah Kabupaten Belitung upayakan pengelolaan sampah plastik menggunakan Depo Si Cantik (Sistem Celengan Barang Bekas Plastik). Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si menjelaskan, cara kerja depo ini adalah dengan menampung sedikit demi sedikit sampah olastik yang ada di masyarakat. Karena itulah sistem yang digunakan berupa celengan.
 
“Jika masyarakat punya 10 plastik maka bisa langsung dimasukkan ke Depo dan sistem pembayarannya digital. Tinggal bawa kartu ATM nanti discan dan dihitung berapa harga dari sampahnya dan akan masuk ke rekening yang bersangkutan, walaupun jumlahnya sedikit nanti lama-lama tanpa terasa akan menggunung,” terang Isyak saat peninjauan di PT. Mitra Propindo Lestari Desa Pegantungan Kecamatan Badau Kabupaten Belitung, Senin (13/1/2020).
 
Lebih lanjut dijelaskan, seluruh sampah yang masuk dalam Depo Si Cantik akan dikirim ke PT. Mitra Propindo Lestari dan akan diolah menjadi barang yang bermanfaat. Saat ini hasil produksinya berupa seng plastik baik yang transparan maupun yang solid. Namun jika bahan baku sudah cukup, akan ditambah dengan produk lain seperti gayung dan ember.
 
Depo Si Cantik diharapkan bisa tersebar ke seluruh desa dengan bekerja sama dengan BUMDes yang bersedia mengelola sampah dengan cara ini. “Mekanismenya saat ini sedang dipersiapkan, besok mereka akan kirim spesifikasi dan bulan depan akan kita launching satu tempat dan ini akan membantu masyarakat desa untuk mengetahui alur mereka bisa menjual barang-barang plastik,” tambah Isyak.
 
Sementara Direktur Utama PT. Mitra Propindo Lestari, Tri Apriliansyah mengaku sampai saat ini masih kekurangan bahan baku untuk produksi. Sehingga pihaknya sangat menyambut baik adanya program pemerintah melalui Depo Si Cantik. “Kita siap menampung berapa pun sampah plastik, karena selama ini kita masih kekurangan bahan baku dan masih mengambil bahan baku dari pulau Bangka. Dengan ada program Pemda melalui Depo Si Cantik kami sangat berterima kasih banyak semoga produk dari sampah plastik bisa kami hasilkan dari mereka semua,” harap Tri.