Wabup Kunjungi Pabrik Pengolahan Plastik Pertama di Belitung

by Arlan/IKP13 Januari 2020
Image

Badau, - Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan sampah pertama di Belitung di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, senin (13/01/2020). Wabup tidak sendirian, dirinya mengajak forum Kabupaten Sehat, Pelangi Bertuah, semua camat, dan OPD terkait.
 
"Saya ingin menunjukan bahwa di Belitung ini sudah punya pabrik yang bisa menampung semua barang-barang plastik seperti botol bekas minuman, gelas-gelas bekas minuman, botol oli, ember, dan lain-lain", kata Wabup Isyak.
 
Wabup menyebutkan setiap barang-barang yang ditampung di pabrik ini dihargai dengan harga yang cukup tinggi. Serta hasil olahannya bisa dibeli kembali oleh masyarakat.
 
Tri Apriliansyah selaku Dirut PT. Mitra Propindo Lestari menyebutkan sejauh ini Perusahaan ini baru memproduksi seng plastik dengan harga promo 50 persen lebih murah dari harga pasaran. 
 
"Kalau yang solid kita jual 28 ribu, kalau yang transparan harganya 25 ribu rupiah," ujar Tri.
 
Tri mengaku berterima kasih kepada pemerintah daerah karena mau membantu dalam penyerapan bahan baku. Selama ini dirinya mengaku saat ini pihaknya masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan baku. Tahapan selanjutnya pabrik ini akan memproduksi gayung, ember, dan gelas-gelas.
 
Dalam waktu dekat, Wabup berencana untuk membuat depo-depo pengumpulan plastik bekas. Pengadaan depo ini akan dicoba diterapkan di beberapa desa yang ada di Belitung. Sehingga nanti masyarakat tidak perlu repot membawa plastik bekas ke pabrik.